Selasa, 06 Agustus 2019

Sistem Pendinginan Engine

Fungsi dan Prinsip Kerja Sistem Pendinginan Engine

Sistem pendingin adalah sekumpulan komponen tambahan pada mesin untuk mencegah terjadinya engine overheat. melalui sistem ini, temperature mesin akan dijaga agar tidak berlebihan. sehingga, meski mesin dipacu dalam RPM tinggi serta dihidupkan dalam waktu yang lama, temperatur mesin tidak akan berlebihan. ini akan membuat mesi bekerja secara efektif dan aman dalam jangka waktu lama.


Fungsi Sistem Pendingin : 
1. Mengurangi temperatur mesin saat terdeteksi temperatur yang berlebihan.
2. Menjaga temperatur mesin tetap pada suhu kerja.
3. Memindahkan panas dari mesin ke luar atau utuk heater system.
4. Membantu mendistribusikan panas mesin secara merata.


Nama Komponen Sistem Pendinginan
a. Radiator
b. Tututp Radiator
c. Selang Radiator 
d. Thermostat
e. Water Jacket
f. Reservoir Tank
g. Kipas Pendingin
h. Pompa Air


Prinsip Kerja Sistem Pendinginan Engine
1. Cara Kerja Sistem Pendinginan saat Mesin Belum Mencapai Suhu Kerja
    Pompa air berputar dan air pendingin bersikulasi. Saat mesin masih dalam keadaan dingin ,air pendingin masih dalam keadaan dingin dan thermostat masih tertutup, sehingga cairan bersikulasimelalui selang bypass dan kembali ke pompa air




2. Cara Kerja Sistem Pendinginan saat Mesin Telah Mencapai Suhu Kerja 
Setelah mesin menjadi panas atau telah mencapai suhu kerja mesin, thermostat membuka dan katup bypass tertutup dalam bypass sirkuit. Cairan pendingin setelah menjadi panas di dalam water jaket (yang menyerap panas dari mesin) kemudian disalurkan ke radiator untuk didinginkan dengan kipas dan putaran udara dengan adanya gerakan maju kendaraan itu sendiri. Cairan pendingin yang sudah dingin diletakan kembali oleh pompa air ke water jacket



Sumber / Referensi :
  • New-Step 1 Toyota



2 komentar: